DjoeRinjani Indosat 085647 55 2287 / PIN BB : 5AD831BF
Djoko Sulistyo CONTACT PERSON : Indosat 085647 55 2287 / PIN BB : 2252BEF7

djoe

djoe
indahnya di puncak merapi

Sabtu, 05 November 2016

Siapkan nyali untuk mengeksplore Air Terjun Semuncar, Boyolali


 Air Terjun Semuncar  terletak di wilayah Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali , dibutuhkan nyali untuk sampai kesana. Tapi pesona air terjun yang terkumpul dari beberapa sumber air di lereng Gunung Merbabu mampu menyegarkan pikiran.
DECAK kagum dan tak henti-hentinya mengucapkan syukur ketika melihat keindahan Air Terjun Semuncar. Ya, keberadaan Air Terjun Semuncar bak surga dunia yang tersembunyi dibalik kokohnya Gunung Merbabu. Sebuah air terjun diantara tebing tinggi yang sangat indah nan memikat mata.

     Semuncar merupakan salah satu air terjun di lereng Gunung Merbabu. Terletak di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Air terjun ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Ampel. Ketinggian air terjun ini mencapai lebih 100 meter. Disekitar air terjun, terlihat tebing batu yang kokoh diselimuti lumut dan dedaunan hijau alami. Dibawahnya terdapat cekungan atau kolam akibat tekanan air.
Di cekungan tersebut, pengunjung dapat bermain air, cuci muka maupun mandi untuk sekdara melepas penat dan lelah selama perjalanan. Bahkan pengunjung akan merasa betah berlama-lama di lokasi air terjun ini.


   Namun dibutuhkan tenaga ekstra, dan nyali besar untuk bisa mencapai ke lokasi Air Terjun Semuncar. Perjalanan dimulai dari titik awal yakni  basecamp yang didirikan oleh Komunitas Pecinta Alam Merbabu. Yaitu Basecamp Rempala yang disediakan oleh warga Desa Candisari.
Basecamp ini berada dibagian paling atas Desa Candisari. Untuk mencapai basecamp dari arah Pasar Ampel, langsung ambil arah Desa Candisari atau bisa dengan menggunakan jasa ojek. Disana sudah banyak papan penunjuk arah dimana basecamp itu berada.
Perjalanan menuju Air Terjun Semuncar sekitar 3 kilometer, dapat ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam. Pengunjung harus melewati jalan setapak lahan penduduk dan aliran sungai yang penuh bebatuan. Medan jalannya sangat terjal, bahkan harus melewati bebatuan besar untuk dapat sampai di Air Terjun Semuncar.
Sebelum sampai di Air Terjun Semuncar, pengunjung akan menjumpai dua air terjun anak Semuncar. Air terjun pertama yaitu Tempuran, dengan ketinggian air terjun sekitar  5 meter dan Air Terjun Watu Abang. 

Jarak tempuh Tempuran ke Watu Abang sekitar 30 menit perjalanan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan lagi selama 30 menit dan baru sampai di Air  Terjun Semuncar. Dari Watu Abang ke Semuncar, pengunjung harus berhati-hati dan waspada karena jalur makin terjal dan bahaya. Bahkan pengunjung harus melewati aliran sungai yang cukup deras, disertai batu batu besar dan licin, Jalur ini diyakini sangat menguji adrenalin. 
(tri widodo raso )

0 komentar:

Posting Komentar