DjoeRinjani Indosat 085647 55 2287 / PIN BB : 5AD831BF
Djoko Sulistyo CONTACT PERSON : Indosat 085647 55 2287 / PIN BB : 2252BEF7

djoe

djoe
indahnya di puncak merapi

Sabtu, 05 November 2016

Bendung Colo , Sensasi Berjalan di Atas Air


Menikmati berjalan diatas air
Pernah bermimpi berjalan di atas air, atau merasakan sensasi duduk dan berbaring di atasnya? Di Sukoharjo, traveler bisa menemukan objek wisata unik ini.  Tepatnya di perbatasan antara desa Pengkol, Nguter, Sukoharjo dengan desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri, Bendung Colo, menjadi destinasi wisata baru, yang juga gratis bagi semua pengunjung.
Bendungan seluas 32.200 hektar, yang digunakan untuk menahan aliran sungai Bengawan Solo ini, menampilkan keindahan bangunan dan view yang keren unik. Di awal pandangan, traveler akan disuguhkan jembatan berwarna biru sepanjang 30 meter. Di sebelah timur jembatan, berdiri bangunan semacam menara. Mata traveler juga akan diarahkan pada pesona perbukitan yang ada di seberang selatan Bendung Colo.
Di Bandung Colo, tepat di bawah jembatan, traveler akan menemukan objek yang menjadi favorit di lokasi ini. Batu berbentuk persegi, dengan ukuran sisi masing-masing 500 meter, berjajar dengan panjang hingga 30 meter. Keindahannya semakin lengkap dengan adanya aliran air yang melewatinya. Obejek inilah yang akan membuat traveler merasakan sensasi berjalan di atas air.
Yang menarik, antara satu batu dengan yang lainnya, memiliki jarak 0,5 meter. Traveler bisa memanfaatkannya untuk meloncat, atau cukup hanya duduk-duduk diantara aliran sungai, yang mengalir hingga Bengawan Solo ini. Tapi, traveler harus berhat-hati disini, jangan mencoba melewati batu-batu ini ketika aliran air besar. Dikawatirkan hal itu justru akan membahayakan diri traveler.
Disaat aliran air kecil, traveler bisa juga mencoba berseluncur dari dinding, tempat mengalirnya air. Atau hanya sekedar menikmati sensasi berselancar di atasnya.
Bagi yang ingin memilih bersantai, di samping bendungan berjajar pohon-pohon rindang, yang bisa traveler jadikan untuk nongkrong atau bersandar. Menariknya lagi, di bawah pohon-pohon ini, traveler akan ditemani view dinding bendungan yang tingginya sekitar 10 meter.
Selain pesona Bendung Colo, traveler juga bisa melihat aliran air bekas proyek bangunan di sebelah utara bendungan. Tempat ini seringkali menjadi pilihan para pengunjung. Pesonanya yang memadukan unsur tanah, air, dengan bentuk alirannya yang cukup menarik, menjadikan pengunjung senang menjadikannya sebagai background untuk berfoto.
Tips Berkunjung ke Bendung Colo
Pertama, waktu yang tepat untuk berkunjung ke bendung colo adalah pagi atau sore hari. Selain bisa menyaksikan pesona terbit dan tenggelamnya matahari, traveler bisa lebih memanjakan diri dengan cuaca yang tidak panas.
Pemotor Melintas diatas Dam Colo saat Sunrice

Kedua, bawalah bekal makan dan minuman sendiri. Kurangnya warung makan yang tersedia, akan membuat traveler kesulitan memilih menu makanan disini. Meskipun begitu, tidak sedikit warung yang berjajar di pinggir bending colo, tepatnya di bendungan atas sebelas utara.
Ketiga, pastikan traveler memakirkan kendaraan di tempat yang tidak jauh dari pengawasan. Di sini traveler tidak akan menemukan tempat parker bagi pengunjung. Jadi, traveler benar-benar menikmati liburan gratis disini.
Traveler bisa memakirkan kendaraan di sepanjang pinggiran Bendung Colo. Banyak pohon-pohon berdiri, sehingga traveler bisa memanfaatkannya sebagai lokasi parkir.
Keempat, jika traveler ingin bermain air di Bendung Colo, usahakan untuk membawa baju ganti. Tapi traveler tidak akan menemukan tempat khusus untuk ganti baju.
Kelima, lebih baik datang ke Bendung Colo ketika tidak dalam musim penghujan. Debit air yang terlalu tinggi akan menghambat traveler ketika ingin menikmati sensasi berjalan di atas air.

Rute Menuju Bendung Colo
Bagi traveler yang datang dari Solo, arahkan kendaraan ke jalan Solo-Wonogiri, di ruas jalan Nguter-Wonogiri, lihat timur jalan ada pasar Jamu Nguter dengan interior khas pasar kabupaten Sukoharjo, merah. Dari pasar ini ada jalan kecil kea rah timur, teruslah berjalan ke timur menuju statisun Pasar Nguter, terus hingga sampai di DAM Colo.
Warga mencari ikan di DAM Colo



0 komentar:

Posting Komentar